tulisan

Rabu, 01 Agustus 2012


Desain grafis


Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak....

Fungsi Design grafis


Bidang desian grafis tidak pernah lepas dari tujuan komersial danpengekspresian seni yang disampaikan dalam bentuk visual baik secara elektonik maupun non elektronik yang di dalamnyamempunyai arti penyempurnaan pesan untuk dipublikasikan tanpamemperhatikan tugas spesifik seorang desainer grafis yangmempunyai dua tujuan yang saling berhubungan.
Jika dilihat dari beberapa pengertian Desain Grafis di atas, makadapat disimpulkan tujuan desain grafis adalah menyampaikansebuah pesan kepada audiens (masyarakat) dan menciptakandesain yang bersifat memaksa kehendak pengirim pesan ataubersifat menyenangkan yang akan menyempurnakan pesan yangdisampaikan.
Sedangkan manfaat desain grafis dibidang pendidikan dapat
dilihat dari berbagai segi, yaitu :
1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara
menyajikan suatu pelajaran dalam bentuk grafis
2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga
siswa
dapat
mengimplementasikannya
di
dalam
lingkungannya.
3. Memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis
4. Mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah
pesan-pesan yang disampiakan dalam bentuk grafis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar